Tuesday 9 January 2018

8 Jenis Makna Sebenar ''BUNGA ROSSA''

8/01/2018
 fauzanaaaa97@gmail.com  
       
             ''Pokok Bunga Mawar'' atau ''ros'' merupakan sejenis tumbuhan berbunga yang sering di tanam sebagai pokok hiasan. Tumbuhan berbunga mula muncul pada zaman Cretaceous. Pokok berbunga pertama adalah angiosperm.
  
              Bunga Mawar adalah salah satu tumbuhan berbunga tumbuhan saka, tergolong dalam kumpulan Angiosperm. Bunga Mawar adalah salah satu jenis pokok bunga yang telah lama dikenali oleh masyarakat Melayu. Ia disebut dalam Hikayat AByan Budiman yang ditulis sekitar 1370-an. Bunga mawar mempunyai bau harum, biasanya mawar kampung (damask rose) mempunyai bau yang paling kuat. Dalam kebudayaan barat, dan dalam kebudayaan Melayu, bunga Mawar melambangkan bunga cinta.

                        

Ros Merah 

Mawar merah dinyatakan sebagai sebuah ekspresi cinta yang nyata. 
Selain itu, mawar merah dapat mengekpresikan emosi/perasaan yang mendalam, baik itu cinta, kerinduan atau keinginan. Mawar merah juga dapat digunakan untuk menyampaikan rasa hormat, kekaguman atau pengabdian. Sebuah mawar merah tua dapat digunakan untuk menyampaikan penyesalan tulus dan kesedihan.

Ros Biru

Bahasa warna biru dalam mawar mempresentasikan perasaan yang tidah mudah diungkapkan. Ia juga melambangkan imajinasi dan misteri. Warna biru mengandung erti kesempurnaan dari suatu pesona atau dapat diertikan kekaguman. Bunga mawar biru ini juga dapat digunakan sebagai contoh untuk mengekspresikan perasaan akan cinta pada pandangan pertama ataupun cinta yang tak terjangkau.

Ros Hijau

Erti bunga mawar hijau ini adalah keharmonian, kesuburan, dan kesejahteraan. Warna ini juga merupakan sebuah indikasi dari perdamaian serta ketenangan. Mawar hijau mengeskpresikan peremajaan dan semangat kuat. Selain itu, bunga mawar hijau ini juga dapat diertikan sebagai sebuah harapan untuk membuat kehidupan yang baru nanti lebih sejahtera ataupun harapan untuk mendapatkan kesihatan yang lebih baik lagi.


Ros Hitam

Mawar hitam merupakan warna mengeskpresikan kesedihan, berkabung, atau perubahan besar.  Bunga mawar hitam merupakan salah satu jenis mawar langka, karena hanya ditemukan di hutan pedalaman yang rendah sinar matahari. Mawar hitam secara positif dapat menginspirasi  kepercayaan dan lahirnya era baru yang dapat membawa harapan dan keberanian. 



Ros Kuning 
Mawar kuning merupakan ekspresi kegembiraan. Mawar kuning cerah membangkitkan perasaan sukacita, kehangatan dan persahabatan. Mawar kuning adalah simbol persahabatan dan kepedulian. Mawar kuning juga diberikan kepada sahabat-sahabat yang telah berjaya melakukan sesuatu, di dunia perniagaan atau prestasi kerja sebagai perlambang kejayaan.


Ros Pink

Mawar pink (merah muda) paling sesuai diberikan kepada wanita yang mempunyai kelembutan dan keyakianan yang tinggi. Ada banyak variasi dari warna pink mawar. Secara umum, mawar pink digunakan untuk menyampaikan emosi yang halus seperti kekaguman, sukacita dan syukur.

Ros Putih
Bunga Mawar Putih melambangkan kemurnian, kesucian dan ketulusan. Bunga putih umumnya dicipta permulaan yang baru. Bunga mawar putih dapat digunakan untuk menyampaikan simpati atau kerendahan hati dan juga mengdedikasikan spiritualiti. Mawar putih merupakan warna yg paling neturall di berbagai situasi. Untuk mengungkapkan permintaan maaf juga biasanya menggunakan sekuntum mawar yang berwarna putih.


Ros Ungu 

Warna mawar ini menyiratkan keindahan pesona, daya tarik, kemewahan dan keagungan. Warna ungu memiliki hubungan erat dengan royalti atau kebangsawanan. Dalam hal ini, nuansa mawar lavender menunjukkan aura keagungan agung dan kemegahan Mawar warna ungu juga sering dipakai untuk mengekspresikan cinta terpendam (pemuja rahasia).

No comments:

Kegiatan manusia terhadap tumbuh-tumbuhan

Keperluan hidupan manusia semakin bertambah dan pelbagai kegiatan dilakukan untuk memenuhi keperluan-kelerluan tersebut. Hutan di tebang un...